ID Leadership Communication Chaper 2
Tujuan, Strategi, dan Struktur Komunikasi Kepemimpinan
Pemimpin perlu mempertimbangkan tujuan, strategi, dan
struktur mereka sejak dini dalam proses komunikasi. Strategi terdiri dari dua
tindakan: (1) menentukan tujuan, sasaran, atau visi dari apa yang ingin kita
capai dan (2) mengembangkan cara terbaik untuk mencapai tujuan, sasaran, atau
visi.
Menetapkan
Tujuan yang Jelas
Dalam komunikasi profesional, terdapat empat tujuan
yakni
• Untuk menginformasikan — mentransfer fakta, data,
atau informasi kepada seseorang.
• Untuk memengaruhi atau membujuk — memotivasi
seseorang atau meyakinkannya untuk merasakan, percaya, atau bertindak dengan
cara tertentu.
• Untuk memberi instruksi — merekonstruksi seseorang
dalam suatu proses, prosedur, atau kebijakan.
• Untuk melibatkan — melibatkan seseorang dalam
pertukaran gagasan secara kolaboratif.
Mengklarifikasi
Tujuan
Kegagalan dalam komunikasi sering terjadi karena kita
belum mengambil cukup waktu untuk menjelaskan tujuan kita dalam pikiran kita
sendiri. Jika kita memulai komunikasi, tujuannya muncul dari pikiran dan ide
kita sendiri.
Menghubungkan
Berpikir dan Berkomunikasi
Pemikiran kita dan komunikasi kita saling terkait dan
jelas tergantung satu sama lain. Jika pemikiran kita kacau, komunikasi kita
akan kacau juga, sehingga sangat penting untuk menghubungkan keduanya.
Mempertimbangkan
Konteks
Semua komunikasi terjadi dalam konteks kondisi
yang saling terkait satu sama lainnya. Komunikasi kepemimpinan tidak pernah ada
dalam ruang hampa. Ketika kita mendefinisikan tujuan kita dan mengembangkan
strategi kita, kita perlu mengenali konteks di mana komunikasi terjadi. Sebelum
kita membuat segala bentuk komunikasi, kita perlu berhenti dan menilai konteks.
Komentar
Posting Komentar